Primary tabs

“DINSOSPMD BABEL DAMPINGI IPSM BANGKA BARAT TUNTUT ILMU KE LAMPUNG”

Lampung, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) adalah salah satu ujung tombak dalam layanan kesejahteraan sosial di Indonesia dimana mengacu pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No 10 Tahun 2019, PSM merupakan SDM  kesos yang wilayah kerja di desa atau kelurahan dan berstatus sebagai relawan sosial. Meski bekerja sukarela, PSM mempunyai kontribusi yang besar dalam upaya pengentaskan kemiskinan, disaat yang sama PSM juga diharapkan bisa mendukung berbagai program yang digencarkan oleh Kementerian Sosial maupun Dinas Sosial di Pemerintahan Daerah .

PSM ikut membantu keluarga tidak mampu untuk mendapat akses perbaikan rumah tidak layak huni, memastikan informasi Program Keluarga Harapan (PKH) diterima dengan baik oleh penerima manfaat, hingga membantu keluarga tidak mampu untuk menjadi bagian dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di perkotaan, perdesaan.

 PSM bahkan turun langsung dalam proses pengantaran undangan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH. Di sisi lain, PSM pun memberikan jalan bagi keluarga tidak mampu untuk memperoleh layanan kesehatan.

Kadinsospmd Provinsi Bangka Belitung Budi Utama S.STP., M.Si menyambut baik study banding yang dilakukan oleh Kabupaten Bangka Barat dalam upaya peningkatan pengalaman dan pemecahan masalah sosial yang menjadi fungsi PSM itu sendiri, “Semoga dalam kesempatan ini teman-teman PSM Bangka Barat dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pelayananya”.

Pemilihan kunjungan ke Kabupaten Pesawaran sebagai lokasi study banding karena prestasi PSM Pesawaran yang masuk dalam peringkat 10 besar dalam Kegiatan  Seleksi Pilar Pilar Sosial Tingkat Nasional. Kunjungan 2 hari ini dilanjutkan ke beberapa lokasi antara lain ke LKS Lentera Hati di  Kecamatan Way Lima yang berorientasi pelayanan Lanjut Usia, disabilitas, dan perlindungan anak. Dalam Kunjungan ini rombongan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran. Doddy Dirnadi selaku Sub Koordinator PSPKKM yang membawahi PSM mewakili Kadinsos & PMD Babel  menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaannya untuk para PSM dari Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung kepada Dinas Sosial Kab Pesawaran Prov Lampung. Semoga kegiatan seperti ini menjadi motivasi dan sangat bagi para PSM dan Dinas Sosial untuk terus bergerak dalam menangani masalah kesejahteraan sosial baik di Babel maupun di Prov Lampung

Sumber: 
Doddy Dirnadi
Penulis: 
Denny Kamajaya S.Sos
Fotografer: 
Satrio
Editor: 
Budi Utama. S.STP., M.Si