Primary tabs

Artikel Kesehatan : KEGUNAAN BUAH BLUEBERRY UNTUK MENCEGAH PIKUN DIMASA LANSIA

Demensia atau pikun adalah suatu jenis sindrom terjadinya penurunan daya ingat ,terjadinya perubahan proses berpikir, perilaku dan kemampuan dalam melakukan aktivitas – aktivitas sehari-hari pada seseorang. Dimana demensia ini adalah suatu gejala yang berlangsung secara berkelanjutan  yang ditandai dengan perubahan perilaku, penurunan daya ingat, orientasi, kesulitan dalam melakukan komunikasi dan mengambil keputusan sehingga mengakibatkan kegiatan sehari-harinya menjadi terganggu, dimana demensia suatu sindroma penurunan kemampuan intelektual progresif yang menyebabkan kemunduran kognitif dan fungsional. Penderita demensia juga kehilangan kemampuan untuk memecahkan  masalah, mengontrolemosi, dan bahkan bisa mengalami perubahan kepribadian dan masalah tingkah laku seperti mudah marah dan sering timbul halusinasi.

Demensia, termasuk penyakit Alzheimer yang mempengaruhi daya ingat, dan proses  berpikir, berperilaku dan emosi sehingga demensia merupakan salah satu tantangan isu kesehatan masyarakat global terbesar.  Penyebab demensia ini antara lain karena terganggunya fungsi otak ,dan kerusakan pada sel- sel saraf otak, yang dapat terjadi pada beberapa area di otak, gangguan ini dapat muncul dalam bentuk yang berbeda- beda pada tiap penderita, tergantung area otak yang terkena.

Proses penuaan yang menyebabkan pikun karena demensia juga dapat terjadi akibat terjadinya kerusakan otak yang disebabkan karena berkurangnya aliran darah di dalam pembuluh darah otak. Masalah pada pembuluh darah ini bisa terjadi karena banyak hal, beberapa di antaranyaadalah stroke, infeksi katup jantung, atau kondisi lain pada pembuluh darah. Gejala biasanya muncul mendadak dan seringkali didapatkan pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi atau yang pernah mengalami stroke atau serangan jantung sebelumnya,tumor otak, depresi, dan gangguan sistematik. Bagaimana cara untuk mencegah demensia,  sejauh ini, belum ada cara yang diketahui bisa mencegah penyakit demensia, tetapi ada penelitian dimana dengan mengkonsumsi buah blueberry dapat mencegah pikun dimasa lansia

mengkonsumsi buah-buahan berwarna, seperti blueberry, dapat membantu mencegah pikun dan penyakit lain. Sebuah studi baru dari University of Cincinnati di AS menyimpulkan bahwa antioksidan yang sehat dari buah ini mencegah meningkatnya efek demensia.Studi ini menunjukkan bahwa dengan hanya 12 minggu mengkonsumsi 30 ml ekstrak blueberry setiap hari, aliran darah otak, aktivasi otak dan beberapa aspek memori kerja ditingkatkan dalam kelompok orang usia lanjut yang sehat

Penyebab terjadinya demensia

Ada berbagai penyebab demensia secara umum, kondisi ini disebabkan adanya kerusakan sel-sel otak (neuron) yang bisa terjadi di beberapa bagian otak.Faktor penyebab Demensia

Penyakit alzheimer penyebab utama penyakit demensia adalah penyakit alzheimer. Demensia 50% di sebabkan oleh penyakit alzheimer, 20% disebabkan gangguan pembulu otak, dan sekitar 20% gabungan keduannya serta sekitar 10% disebabkan faktor lain. Penyebab alzheimer tidak diketahui pasti penyebabnya, tetapi diduga berhubungan dengan faktor genetik, penyakit alzheimer iniditemukan dalam beberapa keluarga gen tententu.
Serangan Stroke penyebab kedua demensia adalah serangan stoke yang terjadi secara ulang. Stroke seringan dapat mengakibatkan kelemahan dan secara bertahap dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak akibat tersumbatkan aliran darah (infark). Demensia multi infark berasal dari beberapa stoke ringan, sebagian besar penderita stoke memliki tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah pada otak.
Serangan lainnya dari demensia adalah demensia yang terjad iakibat pencederaan pada otak (cardiac arrest), penyakit parkison, AIDS, dan hidrocefalus.

 

B. GejalaDemensia

Gejala utama demensia adalah penurunan memori dan perubahan pola pikir yang tampak pada perilaku dan cara bicara. Gejala tersebut dapat memburuk seiring berjalanya waktu, pada tahap awal, demensia dapat menimbulkan gejala seperti:

1. Kesulitan dalam menghadapi perubahan

2. Mudah lupaakan kegiatan yang belum lama dilakukan, dan kesulitan memilih kata-kata yang tepat.

3. Mengulang-ulang sesuatu, misalnya menanyakan pertanyaan yang sama, menyelesaikan pekerjaan yang sama, ataumenceritakankisah yang samaberkali-kali.

4. Sulit mencerna kata-kata lawan bicara, pengidap demensia dapat merasa sulit mengikuti cerita atau deskripsi seseorang.

5. Perubahansuasanahati. 

6. Penderita juga mengalami perubahan pola tidur, kesulitan dalam membaca dan menulis, menjadi apatis, menarik diri dari lingkungan sosial, berhalusinasi, mudah marah, danbersikap kasar.

C. ManfaatBuahbluberry

Selain membantu mencegah Alzheimer, blueberry juga kaya akan manfaat bagi kesehatan yang lainya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membantu meningkatkan kerja otak

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

3. Membuat pencernaan lebih baik

4. Mencegah bertambahnya uban

5. Merangsang pertumbuhan rambut

D. Pencegahan demensia

1. Rutin melakukan olah raga setiap hari

2. Menjaga pola makan yang sehat dan gizi yang cukup

3. Sering melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri misal dengan cara bermain puzzle

4. Beristirahat dengan cukup

DaftarPustaka

Br. Sembiring, Sri Alem, Dra., PenataanLingkunganSosialbagiPenderitaDimensia (Pikun) dan RTA (Retardasi Mental), Sumatera : Universitas Sumatra Utara
Chancellor, Bree, Angel Duncan, and AnjanChatterjee, 2014. Art Therapy for Alzheimer disease and Other Dementias

Diaksespada 09 Maret 2022 https://www.halodoc.c om/kesehatan/demensia

Diaksespada 06 febuari 2022 https://alzi.or.id/demensia/

DiaksesPada 15 Mar 2016 https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160315161955-255-117599/bluebe....
 

Penulis: 
Raden Imam Bramono,S.Kep.,Ns.( JFT Perawat)
Sumber: 
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung

Artikel

07/09/2022 | Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov.Kep.Bangka Belitung
01/09/2022 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | UPT Panti Bina Serumpun Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | UPT Panti Bina Serumpun Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
29/12/2021 | Mustikawati, S.Kep
04/12/2020 | Ns. MUSTIKAWATI, SKep
15/03/2016 | Wuri Handayani. S.Psi
31/12/2021 | Raden Imam Bramono, S.Kep., Ners
22/03/2016 | Dwi Ratna Lakitasari, S.Psi.