Primary tabs

Artikel Kesehatan : PERAN FUNGSI dan TIPS ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI

Di Era pandemi Covid 19 ini sangat  mengharuskan semua guru dan siswa belajar dari rumah yang nyatanya tak sekadar mengubah lokasi dan metode belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan berbagai penyesuaian pembelajaran selama masa pandemi.Salah satunya mendorong guru untuk tidak fokus mengejar target kurikulum semata selama masa darurat, melainkan juga membekali siswa akan kemampuan hidup yang sarat dengan nilai-nilai penguatan karakter,tidak di pungkiri lagi banyak murid bahkan orangtua mengeluh akan hal terjadi nya pembelajaran lewat rumah. Di karenakan virus corona sudah merajalela di negeri kita ini. Dimasa pandemi ini peran orang tua sangat dibutuhkan sebagaimana seperti kita ketahui Orang tua adalah madrasah pertama, karena ketika anak tumbuh dan berkembang hanya orang tuanyalah yang berperan aktif dalam memelihara, memberi asupan dan pendidikan kepada anak nya. 

Oleh karena itu, anak-anak dididik tentunya patuh dengan berbagai aturan yang harus dijalankan oleh anak. Orang tua secara langsung akan memberikan didikan kepada anak, baik berkaitan dengan pendidikan biasa maupun pendidikan agama.Sebagai orang tua tentunya harus bertanggung jawab akan mempersiapkan anak-anaknya menjadi manusia berguna di masa depan kelak. Oleh karena itu, kita melihat bebagai gaya dan tipe yang dilakukan oleh orang tua untuk mendidik anak-anaknya. Selain itu, peranan orang tua sebagai pendidik di rumah agar memberikan perhatian kesehatan kepada anak, terlebih di masa pandemi virus corona ini. Orang tua wajib mengingatkan agar ketika keluar rumah selalu mengikuti arahan protokol kesehatan Covid-19, semacam memakai masker atau mengingat kan untuk sering cuci tangan dan membawa handsinitizer kalau berpergian. 

Sangat Tidak jarang orang tua sering merasa khawatir akan esehatan anaknya, ketika diwajibkan untuk kembali bekerja atau sekolah di masa new normal ini. Walaupun penyebaran Covid-19 ini belum berakhir, namun kehidupan harusla terus berjalan. Hal ini memaksa masyarakat untuk membiasakan diri menjalani aktivitas seperti biasanya di tengah pandemi Covid-19 ini. Peran orang tua sangat berpengaruh besar atas proses belajar anak ketika dalam hal memberikan pendidikan di rumah, seperti memberikan hal hal positif kepada anak terkait fase new normal. 

Kemudian, ketika bertemu dengan kerabat-saudara, membatasi jarak komunikasi dan tidak bersentuhan langsung.Di masa Covid 19 ini, orang tua harus menjadi pendamping setia, terutama dalam belajar. Saat anak mengerjakan tugas yang diberikan gurunya, orang tua harus mendampinginya. Jika tidak ada kesempatan untuk mengajarkanAnak paling tidak mengundang guru les privat untuk mengajari anak dan mengerjakan tugas yang telah di beri guru melalui online. Di masa pandemi Covid-19 ini orang tua juga bertindak sebagai gugus pertama. Oleh karena itu, selain tugas rutin mendampingi anak-anak belajar di rumah, orang tua mau tidak mau, suka tidak suka, harus belajar dan beradaptasi dengan pola pembelajaran yang sedang diterapkan pemerintah, yakni pembelajaran melalui online. orang tua harus belajar dan mengerti teknologi . Orangtua dapat mempelajari dari beberapa tutorial, baik melalui Youtube,seminar dan medsoslainnya .

Sebagaimana tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara..

Walaupun di tengah pandemi Covid-19 saat ini anak-anak tidak mengenyam pendidikan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Namun, pada era new normal, pembelajaran formal tahun ajaran baru 2020/2021 tetap dilaksanakan di rumah sesuai arahan pemerintah. Akibatnya, orang tua kewalahan dalam mendidik anak dan mengawasi mereka belajar. Hal ini dirasakan para orang tua karena sudah terbiasa menyerahkan pendidikan anak-anaknya kepada guru, baik dalam satuan pendidikan formal maupun non formal.

Sehingga, orang tua kebingungan bagaimana mendidik anak dengan baik, terlebih pada masa pembelajaran di rumah seperti saat ini. Padahal, tanpa disadari, orang tua adalah tombak utama dalam pendidikan anak. Maka, diperlukan kesadaran tinggi dari para orang tua dalam mendidik anak kapanpun, di manapun, dan pada saat bagaimanapun. Orang tua yang terlalu sibuk bekerja harus bisa menyempatkan waktunya untuk membimbing anak belajar, serta memerhatikan segala yang berkaitan dengan perkembangan pendidikan anak.

Ini yang diharapkan dari para orang tua agar kiranya dapat memberikan perhatian lebih untuk mendidik anak, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Agar, anak tetap dapat terbentuk sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu, kesadaran orang tua dalam mendidik anak merupakan hal penting dan urgent, terkhusus pada saat sekarang ini.

Tips Mendidik Anak di Masa Pandemi

  1. Buat jadwal dan aturan yang disetujui bersama
    , Bantu anak untuk membuat jadwal kegiatan. Hal ini akan membantu anak untuk bertanggung jawab terhadap rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Tulis jadwal dan tempel di tempat yang mudah terlihat.
  2.  Bantu anak dengan memberikan beberapa ide untuk melakukan kegiatan apabila anak merasa bingung harus menulis kegiatan yang akan dilakukan pada hari berjalan. Misalnya, berikan ide kegiatan rutin harian seperti mandi dan makan. Contoh kegiatan belajar: mengerjakan tugas dari guru. Kegiatan lain seperti bermain games, membaca buku dan kegiatan lain.
  3.  Bangun komunikasi yang baik dengan anak, didik anak dengan mengajarkan perilaku yang baik.
  4. Didik anak agar bisa belajar untuk mengendalikan diri, mau mendengarkan terutama saat belajar
  5. Bagi tugas dengan pasangan anda
  6. Aturlah waktu dimulai dengan mendampingi anak belajar, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maupun aktivitas lain.
  7. Ingatkan anak mengenai waktu yang mereka sudah buat untuk melakukan suatu aktivitas
  8. Relasi dan refleksi. Bantu anak melakukan refleksi mengenai kegiatan yang sudah dilakukan pada hari itu. Lakukan dengan aktivitas santai seperti mengobrol di ruang tamu.

Referensi :

  1. Rumbewas, Selfia S., Laka Beatus M., & Moekbun Naftali. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains, 2(2), 205.
  2. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5586533Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi (detik.com)

 

Penulis: 
MEGAWATI, S.Kep | Perawat Panti Sosial Bina Serumpun Dinas SosialPMD BABEL
Sumber: 
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung

Artikel

01/12/2021 | Perawat Pada Panti Sosial Bina Serumpun Sebalai (UPTD.DINSOSPMD)
18/11/2021 | Perawat Pada Panti Sosial Bina Serumpun Sebalai (UPTD.DINSOSPMD)
23/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
23/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
22/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
04/12/2020 | Ns. MUSTIKAWATI, SKep
15/03/2016 | Wuri Handayani. S.Psi
22/03/2016 | Dwi Ratna Lakitasari, S.Psi.
14/12/2016 | MUSTIKAWATI, S.Kep