Primary tabs

FGD Penyusunan Standar Pelayanan Pengangkatan Anak Pada DINSOSPMD Provinsi.

PANGKALPINANG – Dalam rangka memberikan keterbukaan askes informasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik khususnya berkenaan dengan pelayanan pengangkatan anak yang diselenggarakan oleh dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kepulauan bangka belitung, maka hari ini rabu (21/09/2022) telah dilakukan kegiatan focus group discussion (FGD) terkait penyusunan standar pelayanan pengangkatan anak.

Materi pembahasan siang itu memfokuskan pada pembahasan mengenai materi komponen standar pelayanan yang berkaitan dengan proses penyampaian pelayanan atau unsur service point  untuk pelayanan pengangkatan anak yang mengacu pada UU No. 25 Tahun 2009 tentang pedoman standar pelayanan, peraturan pemerintah No. 54 tahun 2007 tentang Pelaksanaan pengangkatan anak, Peraturan Menteri Sosial No. 110/HUK/2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak dan Peraturan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial No.02 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak.

Adapun unsur service point  terkait pelayanan pengangkatan anak yang dibahas meliputi unsur persyaratan,sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk pelayanan serta penanganan pengaduan, saran dan masukan/apresiasi di dalam penyelenggaraan pelayanan pengangkatan anak yang dilakukan oleh badan publik Dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kepulauan bangka belitung.

Pembahasan siang itu  melibakan pemangku kepentingan yang berasal dari  lintas instansi dan atau OPD diantaranya pihak POLDA kepulauan bangka belitung, Kementerian Hukum dan HAM, biro hukum sekretariat daerah provinsi kep.bangka belitung, pihak rumah sakit umum provinsi dan OPD  DP3CKSKB provinsi ke.bangka belitung.

Kegiatan FGD dibuka oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Budi Utama.    Turut hadir dan memimpin jalannya FGD pembahasan penyusunan standar pelayanan pengangkatan anak yakni sekretaris dinas, Bpk .Rusli,S.Ag,M.Pdi,  Kepala Bidang LINJAMSOS, Bpk Suryadi,S.Ag, dan sub koordinator pengangkatan anak, Ibu Henny Yuliana.

Sementara itu, diungkapkan Henny Yuliana mewakili pimpinan menjelaskan dengan adanya standar pelayanan yang akan ditetapkan sebagai panduan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan sekaligus wujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik dalam hal ini  Dinas Sosial dan Pemberdayaan masyarakat desa.

“ dengan adanya standar pelayanan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat  dan wujudkan pelayanan PRIMA pada DINSOSPMD’ ungkap Ibu Henny Yuliana.

Ditambahkan Henny bahwa forum ini diadakan dengan tujuan sebagai langkah awal di dalam penyusunan standar operasional (SOP) pelayanan pengangkatan anak pada DINSOSPMD agar dapat dijalankan secara professional, efektif dan efesien.     Kegiatan FGD siang itu diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan rapat pembahasan penyusunan standar pelayanan pengangkatan anak oleh tim pembahas dari lintas instansi dan OPD.

 

 

Sumber: 
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
Penulis: 
Stevani (Pranata Humas)
Fotografer: 
Gerbang Lensa ( Antasari Diar)
Editor: 
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa, Budi Utama