Primary tabs

Kadin Budi Utama : Bangun Sinergitas dengan Pedomani Aturan Mengenai Tupoksi dan Kewenangan.

Belitung Timur – Kadin sosial dan PMD, Budi Utama berpesan kepada seluruh anggota BPD se kabupaten belitung timur untuk mempedomani aturan berkenaan dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangannya di dalam upaya membangun bersinergi dan menjaga harmonisasi dengan penyelenggara pemerintah desa.

“ BPD harus sinergis dan jaga harmonis dengan kepala desa sudah tidak jaman lagi kalo harus bertentangan dengan kepala desa, anggota BPD dan pemerintah desa bisa duduk bersama-sama untuk menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan asprirasi masyarakat dan melakukan tugas pengawasan dalam upaya membantu wujudkan desa yang mandiri dan sejahtera” ungkap Kadin Budi Utama

Pernyataan tersebut diungkapkan Kadin Budi Utama saat menjadi narasumber pada  kegiatan bimbingan teknis manajemen pada kegiatan sosialisasi manajemen penyelenggaraan pemerintahan desa kepada anggota BPD se kabupaten belitung timur pada rabu (03/11/2021).

Lebih jauh, Kadin Budi Utama menjelasankan untuk membangun sinergitas dan harmonisasi tersbeut diantaranaya adalah dengan melaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan BPD sebagaimana diatur dalam PERMENDAGRI No. 110/2016 tentang BPD sebagai pelaksana atas UU Desa No. 6/2014.

“bahwa berdasarkan Permendagri No.110/2016 tentang BPD didalamnya diatur mengenai tugas, fungsi dan kewenangan BPD, dan saya (red: Kadin Budi Utama) harapkan untuk anggota BPD Pedomani aturan tersebut untuk bangun sinergitas dengan pemerintah desa”, tegas Kadin Budi Utama.

Mengacu pada aturan tersebut, Kadin Budi Utama menegaskan bahwa anggota BPD memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan terlebih dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan desa apabila tugas dan fungsinya dijalankan.

“ jadi BPD itu sebagai bagian penyelenggaran pemerintah desa memiliki peran yang turut menentukan kemandirian dan kesejahteraan desa, jadi jalankan tugas, fungsi dan kewenangannya sesuai dengan aturan yang mengaturnya.

 

 

Penulis: 
Stevani (Prahum Dinas Sosial dan PMD)
Fotografer: 
Stevani (Prahum Dinas Sosial dan PMD)

Berita

Kadin sosial dan PMD, Budi Utama (berbaju batik) dan Kepala BNNP Kep. Bangka Belitung Brigjen M.Z.Mutaqien
26/11/2021 | Dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kep. bangka belitung
Gubernur Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyerahkan penghargaan kepada Kepala Desa terbaik untuk kategori Desa dengan PAD terbesar se Babel
21/11/2021 | Dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kep. bangka belitung
Wakil Gubernur, Abdul Fatah meresmikan pelaksanaan Giat Sosial Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Jelang Peringatan HKSN Tahun 2021
16/11/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
Fasilitasi Penyelenggaran FGD Pemanfaatan Probiotik Ternak Sapi antara BUMDes dengan pihak Kampus UBB dan pihak swasta oleh Penggerak Swadaya Masyarakat Desa
26/10/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung