Primary tabs

KADIN SOSPMD, Budi Utama : Tingkatkan Sinergitas serta Jalin dan Jaga Harmonisasi

Bangka Selatan – Kepala dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa, Budi Utama berpesan kepada seluruh anggota badan permusyawaratan desa atau dikenal BPD se kabupaten bangka selatan sebagai Lembaga penyelenggara pemerintahan desa untuk tingkatkan sinergitas dan jalin harmonisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“ BPD (red: badan permusyawaratan desa) adalah mitra nya pemerintah desa,jadi sebagai mitra bangun dan tingkatkan sinergitas dan jalin harmonisasi dalam pemerintahan desa yang itu semua untuk kemajuan desa”, ungkap Kadin Budi Utama dalam pesan pengarahannya pada kegiatan pelatihan sekretaris BPD se kabupaten bangka selatan pada Senin (20/09/2021) di Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan.

Sinergitas tersebut, dijelaskan Budi Utama tidak terlepas dari pelaksanaan fungsi dan tupoksi dari Lembaga BPD sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMEDAGRI) No. 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“ Bapak/ibu harus pahami fungsi dan tugas bapak/ibu sebagai anggota dari Lembaga BPD itu apa saja benar-benar harus dipahami, ini penting hal, karena mengacu pada aturan tersebut itu juga pihak pemerintah desa merespon atas pekerjaan yang bapak/ibu lakukan sebagai mitra pemdes dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa”, jelas Budi Utama.

Membahas dan menyepakat rancangan peraturan desa bersama kepala desa; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa; menyelenggarakan musyawarah desa; menyelenggarakan musyawarah BPD; menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan Lembaga desa lainnya dijelaskan Kadin Budi Utama merupakan Fungsi dan tugas BPD sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Selain menyampaikan materi pengarahannya berkenaan dengan fungsi dan tugas pokok Lembaga BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan, pada kegiatan pelatihan siang tersebut juga dibuka sesi diskusi tanya jawab guna membahas upaya mengatasi hambatan dan kendala serta berkenaan dengan etika di dalam birokrasi dan dinamikanya.

 

Sumber: 
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa
Penulis: 
Stevani (Prahum Dinas Sosial dan PMD)
Fotografer: 
Denni (Prahum Dinas Sosial dan PMD)

Berita

Kadin sosial dan PMD, Budi Utama (berbaju batik) dan Kepala BNNP Kep. Bangka Belitung Brigjen M.Z.Mutaqien
26/11/2021 | Dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kep. bangka belitung
Gubernur Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyerahkan penghargaan kepada Kepala Desa terbaik untuk kategori Desa dengan PAD terbesar se Babel
21/11/2021 | Dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kep. bangka belitung
Wakil Gubernur, Abdul Fatah meresmikan pelaksanaan Giat Sosial Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Jelang Peringatan HKSN Tahun 2021
16/11/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
Fasilitasi Penyelenggaran FGD Pemanfaatan Probiotik Ternak Sapi antara BUMDes dengan pihak Kampus UBB dan pihak swasta oleh Penggerak Swadaya Masyarakat Desa
26/10/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung