Primary tabs

Pelayanan Pengangkatan Anak (Adopsi Anak)

STANDAR PELAYANAN

  KEGIATAN PELAYANAN PENGANGKATAN ANAK (ADOPSI)

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

DASAR HUKUM

1.

Undang-undang Nomor 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak

 

 

2.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak

 

 

3.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Anak

 

 

4.

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

 

 

5.

Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak

 

 

6.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 110/HUK/2009 Tentang Persyaratan Pengangkatan Anak

 

 

7.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 37/HUK/2010 Tentang Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak Pusat

 

 

8.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Bimbingan, Pengawasan Dan Pelaporan Pelaksanaan Pengangkatan Anak

 

 

9.

Peraturan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak

 

 

10.

Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung 188.44/318/DINSOSPMD/2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Gubernur Nomor: 188.44/706/DINSOSPMD/2021 Tentang Pembentukan Tim dan Sekretariat Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

2.

PERSYARATAN

A.

Pengajuan Berkas

 

 

1.

Berkas Permohonan Pengangkatan Anak yang telah mendapatkan Rekomendasi dari Kepala Dinas Sosial Kab/Kota setempat

 

 

2.

Laporan Sosial hasil Assesment dari Pekerja Sosial

 

 

 

 

 

 

B.

Calon  Anak Angkat (CAA)

 

 

 

Anak  yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, merupakan anak terlantar atau ditelantarkan, berada dalam asuhan keluarga atau dalam Lembaga Pengasuhan dan memerlukan perlindungan khusus

 

 

C.

Calon Orang Tua Angkat (COTA)

 

 

1.

Sehat jasmani dan rohani

 

 

2.

Berumur paling rendah 30 (tiga puluh) tahun dan paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun

 

 

3.

Beragama sama dengan agama calon anak angkat

 

 

4.

Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak kejahatan

 

 

5.

Berstatus menikah secara sah paling singkat 5 (lima) tahun

 

 

6.

Tidak merupakan pasangan sejenis

 

 

7.

Tidak atau belum mempunyai anak atau hanya memiliki satu orang anak

3.

SISTEM MEKANISME DAN PROSEDUR

1.

Menerima berkas Permohonan Pengangkatan Anak dari COTA yang telah mendapatkan rekomendasi dari kabupaten/kota

 

 

2.

Pemeriksaan/verifikasi  kelengkapan berkas Permohonan Pengangkatan Anak

 

 

3.

Penerbitan SK Pemberian Izin Pengasuhan Anak Sementara 6 (enam) bulan kepada COTA

 

 

4.

Proses Monitoring dan Evaluasi (home visit) terhadap COTA dan CAA

 

 

5.

Sidang Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak (PIPA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 

 

6.

Penerbitan Berita Acara Sidang Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak

 

 

7.

Penerbitan Surat Rekomendasi Calon Orang Tua Angkat

 

 

8.

Penerbitan SK Pemberian Izin Pengangakatan Anak kepada Calon Orang Tua Angkat

4.

WAKTU PENYELESAIAN

1 (satu) tahun sejak Berkas Permohonan Pengangkatan Anak yang telah direkomendasikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota

5.

BIAYA/TARIF

Tidak dipungut biaya (GRATIS)

6.

PRODUK LAYANAN

1.

SK Pemberian Izin Pengasuhan Anak Sementara 6 (enam) bulan

 

 

2.

Berita Acara Sidang Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak ( TIM PIPA)

 

 

3.

SK Pemberian Izin Pengangkatan Anak kepada Calon Orang Tua Angkat

 

 

4.

Surat Rekomendasi Calon Orang Tua Angkat ke Pengadilan

7.

SARANA DAN PRASARANA ATAU FASILITAS LAINNYA

1.

Ruang Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Bencana

 

 

2.

Ruang Subkoordinator Pengangkatan Anak

 

 

3.

Ruang Rapat

 

 

4.

Komputer

 

 

5.

Printer

 

 

6.

Kipas Anging/AC

 

 

7.

Kendaraan Dinas

8.

KOMPETENSI PELAKSANA

1.

Pejabat Struktural (Esselon III dan IV): Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial Dan Penangangan Bencana, dan SubKoordinator Pengangkatan Anak

 

 

2.

Pejabat Fungsional Pekerja Sosial Muda

 

 

3.

Pengelola Perlindungan Sosial

 

 

4.

Pengadministrasi Rehabilitasi Masalah Sosial

 

 

5.

Operator Komputer/Pelaksana

9.

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Pengaduan, Saran dan Masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan  kepada Dinas Sosial Dan PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang

10.

JUMLAH PELAKSANA

1.

Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Penangangan Bencana

 

 

2.

SubKoordinator Pengangkatan Anak

 

 

3.

Pekerja Sosial Ahli Muda

 

 

4.

Pengelola Perlindungan Sosial

 

 

5.

Pengadministrasi Rehabilitasi Masalah Sosial

 

 

6.

Operator Komputer/Pelaksana

11.

JAMINAN PELAYANAN

1.

SDM yang berkompeten sesuai dengan bidang tugas dan keahliannya

 

 

2.

Pekerja Sosial yang bersertifikat

 

 

3.

SDM yang bekerja berdasarkan sistem pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP)

12.

JAMINAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN PELAYANAN

1.

Tersedianya ruangan yang memadai untuk emnyimpan berkas dan arsip Permohonan Pengangkatan Anak

 

 

2.

Tersedianya fasilitas dan printer dengan akses internet yang cukup memadai

13.

EVALUASI KINERJA PELAKSANA

Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 1 kali dalam 1 tahun. Selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan

 

Tags: 
Bidang LINJAMSOS DINSOSPMD