Primary tabs

PODCAST DAN DIGITAL LEADERSHIP

PODCAST DAN DIGITAL LEADERSHIP

Oleh Sri Kusmala, A.Ks, MM

Pekerja Sosial Madya

Dinas Sosial Dan PMD Prov. Kep. Bangka Belitung

 

Masa pandemi covid-19 telah memberikan pembelajaran kepada kita, di mana pada masa itu orang tidak diperkenankan secara langsung untuk melakukan interaksi secara terbuka. Teknologi digital menjadi alternatif dalam kehidupan sehari-hari. Semua dilakukan melalui proses digital. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online, pelaksanaan pelatihan dan rapat yang menggunakan aplikasi zoom, serta pelayanan publik lainnya yang keseluruhannya harus dilakukan secara online.

Mau tidak mau, suka atau tidak suka, semua pihak harus mampu secara cepat untuk belajar dan  beradaptasi dengan teknologi digital. Masyarakat, pelajar, pengelola bisnis, terlebih lagi pada sektor pemerintahan. Penggunaan teknologi digital sudah menjadi suatu kebutuhan, dan seluruh pegawai diwajibkan untuk memahaminya.

Saat memberikan pembekalan pada kegiatan pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2021, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia menyebutkan, bahwa seorang digital leader harus mampu menggunakan aset digital untuk membuat keputusan secara cepat dan tepat. Serta harus mampu untuk melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan unsur organisasi atau stakeholder lain dalam menemukan solusi.

Seorang Digital Leader, dituntut untuk memiliki karakteristik:

  • Mampu berkomunikasi secara efektif menggunakan perangkat media sosial untuk terus terkoneksi dengan anggota di dalam maupun di luar organisasi.
  • Memiliki kemampuan berpikir dan bekerja sama tanpa adanya batasan waktu, dan ruang, dimana pengawasan dan interaksi tatap muka tidak lagi diperlukan.
  • Memiliki kemampuan memantau dan mengelola pekerjaan dengan efektif secara virtual.
  • Kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan teknologi.
  • Mampu mengambil resiko

Digital Leader harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang diwujudkan dalam transformasi layanan publik, agar tetap dapat mengikuti perubahan dan memberikan pelayanan prima, kemampuan beradaptasi menjadi kunci dalam transformasi digital ini.

Penggabungan Dinas Sosial dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menjadi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  pada tahun  2021, dituntut untuk memiliki seorang  Pemimpin yang mampu bergerak cepat, memahami teknologi digital, mampu menyajikan data secara akurat, memberikan informasi yang update terus menerus, serta maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai seorang digital leader, Kepala  Dinas  Sosial  Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memiliki energi kepemimpinan dan kepemimpinan digital, yang ditujukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sampai saat ini, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memiliki berbagai inovasi, diantaranya “Tim Gerbang Lensa,” yang merupakan “Gerakan Bangkit Liputan Sosial dan Desa”, dengan tujuan untuk memberikan informasi pelayanan publik kepada masyarakat.

Salah satu program “Gerbang Lensa,” yang sangat menonjol dan kekinian dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, dilakukan melalui program Podcast, yang merupakan hasil rekaman audio tentang suatu topik tertentu, dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet, bisa diunduh atau di download oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, dan dapat didengarkan secara berulang.

Beberapa konten dan narasumber telah dihadirkan dalam program Podcast Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dengan tujuan untuk mengedukasi, berbagi pengalaman kepada masyarakat luas, serta penyebarluasan berbagai informasi serta potensi desa yang ada di Provinsi Bangka Belitung,  melalui chanel youtube  “Gerbang Lensa DinsosPMD”, dengan judul:

1.  Agus, atlit disabilitas yang menembus keterbatasan tanpa batas

2. Bincang santai, bersama Ketua DPD Persatuan Tuna Netra Indonesia
3. Sekar Biru, desa digital semakin terkenal
4. Kelurahan Jelitik mempesona dengan segudang wisata
5. Peduli sesama  di usia senja
6. Tiwi Gadis Baper piawai menangani speech delay

Kehadiran atlit penyandang disabilitas, Pimpinan Panti Sosial, penggiat lanjut usia, perangkat desa, serta beberapa narasumber lainnya, memberikan warna tersendiri untuk berbagi pengetahuan, dan disesuaikan dengan topik yang akan dibahas.

Konten tersebut dapat diunduh dan ditonton oleh masyarakat secara berulang. Dialog interaktif antara host  dengan narasumber, akan membuat penyampaian informasi lebih mudah dipahami, dan tidak membuat bosan masyarakat yang mendengarnya.

Beberapa kelebihan Podcast, diantaranya:

  • Memilliki banyak topik pilihan
  • Informasi lebih personal
  • Nyaman dan mudah diakses
  • Meningkatkan jejaring
  • Biaya yang murah dan Hemat waktu

Seorang digital leader senantiasa mampu melihat pasar, menelurkan berbagai inovasi, menciptakan program-program yang bermanfaat, memiliki daya saing, tidak tergerus oleh perubahan, mampu mengakomodir  seluruh anggota tim, mewujudkan pelayanan publik yang baik, sehingga Kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Kepada masyarakat luas yang memiliki potensi serta prestasi, dan ingin dipublikasikan, Tim “Gerbang Lensa DinsosPMD,” siap membantu dan membuka diri  untuk membantu mempromosikannya.

Penulis: 
Sri Kusmala, A.Ks, MM ( ASN Fungsional Pekerja Sosial) | Foto Ilustrasi : Prahum Ahli Muda
Sumber: 
Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung

Artikel

07/09/2022 | Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov.Kep.Bangka Belitung
01/09/2022 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | UPT Panti Bina Serumpun Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
31/08/2022 | UPT Panti Bina Serumpun Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
29/12/2021 | Mustikawati, S.Kep
04/12/2020 | Ns. MUSTIKAWATI, SKep
15/03/2016 | Wuri Handayani. S.Psi
31/12/2021 | Raden Imam Bramono, S.Kep., Ners
22/03/2016 | Dwi Ratna Lakitasari, S.Psi.