Primary tabs

Reorientasi Haluan Kerja Pensosmas

Namang Bangka Tengah, Penyuluh secara etimologi adalah pemberi penerangan atas segala sesuatu namun objek yang diberikan penerangan mempunyai hak dasar untuk mengikuti dan atau mengabaikanya. Penyuluhan merupakan suatu konteks ide yang membimbing suatu objek agar dan dapat menggerakkan dan menentukan arah kembali suatu haluan. Berihwal dari urgensi diatas Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyegarkan kembali peran dan fungsi strategis dari penyuluh itu sendiri melalui kegiatan Pemberdayaan Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat.    

Kegiatan Pemberdayaan Relawan Penyuluh Sosial Masyarakat seperti yang diejawantahkan dalam Pemensos 10 Tahun 2014  merupakan komposisi dari tokoh pemuda, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewewang serta hak oleh pejabat yang berwenang bidang kesejahteraan sosial (pusat dan daerah) untuk melakukan kegiatan penyuluhan bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Budi Utama selaku Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merorientasi kembali peran serta mereka berdasarkan hal ihwal alasan dibentuknya Pensosmas sekaligus memsupervisi pelaksanaan tugas pensosmas. Atraktif adalah situasi yang tergambar pada saat Budi Utama dalam penyampaian materinya sehingga segala informasi yang selama ini terkesan luput untuk dijadikan bahan diskusi dalam penguatan pensosmas itu sendiri terdiskripsi secara gamblang, Kegiatan yang dihadiri 23 orang pensosmas yang tersebar di 23 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah ini diawali dengan pembukaan singkat oleh Dyah Yuni Utari selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Kepahlawanan.

Intisari dari kegiatan ini merupakan refleksi dari intervensi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam pembinaan serta penguatan kapasitas serta memelihara dan meningkatkan kinerja dari Pensosmas itu sendiri secara simultan.

Resultan dari kegiatan ini agar relawan penyuluh sosial masyarakat dapat menjangkau pelayanan sosial yang lebih luas, responsi, peka dalam membaca dan mentafsirkan permasalahan sosial yang ada diwilayah kerja mereka serta membumikan kebijakan pemeritnah pusat dan daerah dibidang sosial yang bermuara pada satu pemahaman oleh Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan sosial.

sebagai kata penutup kegiatan ini, Budi Utama menekankan kepada relawan agar mampu membangun jaringan kerja yang terintegrasi dengan banyak pihak karena pensosmas merupakan suatu instrumen yang merupakan bagian dari tujuan akhir dibentuknya yaitu sebagai agen pendeteksi keberhasilan penetrasi pemerintah pusat dan daerah.

Penulis: 
Denny Kamajaya S.Sos
Sumber: 
Liputan langsung

Artikel

01/12/2021 | Perawat Pada Panti Sosial Bina Serumpun Sebalai (UPTD.DINSOSPMD)
18/11/2021 | Perawat Pada Panti Sosial Bina Serumpun Sebalai (UPTD.DINSOSPMD)
23/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
23/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
22/09/2021 | Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kep.Bangka Belitung
04/12/2020 | Ns. MUSTIKAWATI, SKep
15/03/2016 | Wuri Handayani. S.Psi
22/03/2016 | Dwi Ratna Lakitasari, S.Psi.
14/12/2016 | MUSTIKAWATI, S.Kep